Sikat Gigi Secara Alami dengan Buah dan Keju


Jakarta - Usai menyantap makanan berbumbu biasanya mulut dibilas dengan minum air, berkumur ataupun menyikat gigi. Bisa juga dicoba langkah praktis, dengan makan buah-buahan segar. Mulut dan gigipun langsung bersih dan asupan nutrisi juga didapat!


Selain kaya vitamin dan mineral buah segar juga punya manfaat lain. Kandungan airnya yang tinggi membantu bersihkan mulut dan gigi. Situs Bold Sky merinci beberapa jenis makanan yang bisa membersihkan gigi secara alami.



1. Apel dan Semangka

Apel dan semangka punya rasa yang manis segar, mengandung banyak air dan juga renyah digigit. Serat yang bercampur dengan air liur dalam mulut membantu melepaskan sari-sari makanan yang masih menempel di mulut dan gigi dan bisa memicu timbulnya bakteri.

2. Strawberry
Jenis buah lain yang bisa membersihkan gigi adalah strawberry. Sering mengunyah strawberry bisa membuat gigi berkilau, serta membuat gigi berwarna putih. Strawberry juga berfungsi untuk membersihkan gigi, apalagi untuk yang terbiasa mengonsumsi kopi dan teh.

3. Brokoli dan wortel
Manfaatkan komposisi brokoli, wortel, tomat, juga kol dan mentimun dalam salad untuk membersihkan gigi. Usai dikunyah, mulut akan terasa lebih segar dan juga aroma makanan akan segera hilang dari mulut, begitu juga dengan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

4. Keju
Keju juga rupanya baik untuk kesehatan gigi. Asam di dalam keju bisa melawan plak sekaligus menyeimbangkan keasaman dalam mulut. Keju juga memicu produksi air liut dalam mulut dan mengurangi bau tak sedap di mulut.

sumber: Detikhealth

0 komentar:

Copyright © 2013 Catatan Hidup Sehat.