Manfaat WORTEL untuk Kesehatan dan Kecantikan



Kandungan vitamin dalam sayuran dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Seperti wortel yang juga sarat antioksidan alami. Tidak hanya bisa dikonsumsi, wortel juga bisa dijadikan masker untuk merawat kulit.


Wortel merupakan sayuran berwarna oranye yang kaya vitamin A. Berguna untuk mengeluarkan racun dari kulit sehingga terlihat lebih muda. Selain itu juga bisa menjaga keindahan rambut. Berikut manfaat lain wortel untuk kecantikan.


1. Melembabkan dan melenturkan kulit
Selain dimakan wortel bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Caranya parut 2-3 wortel segar, tambahkan 1 sendok teh susu, madu dan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Hasilnya kulit menjadi lebih lembut dan lentur.

2. Rambut jadi lembut
Jika mengalami kerusakan rambut bisa diatasi dengan wortel. Cukup rebus wortel dan haluskan, lalu tambahkan yogurt dan telur. Oleskan pada rambut untuk, diamkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat. Jika sudah angin-anginkan dan rambut jadi lebih lembut.

3. Cegah penuaan dini
Kulit yang kering cenderung mudah keriput. Untuk mencegahnya Anda bisa minum jus wortel setiap hari. Jika rutin dikonsumsi kulitpun akan terlihat lebih muda, halus dan melindungi kulit dari sinar UV matahari.

4. Kulit jadi lebih rileks
Kelembaban kulit bisa membuat kulit jadi lebih rileks. Untuk menjaganya campur jus wortel segar dengan dua helai bunga mawar dan simpan dalam botol semprot. Ramuan ini bisa disemprotkan pada kulit agar tetap rileks dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

5. Kulit wajah lebih bercahaya
Wortel juga bisa membuat kulit jadi bersinar. Cukup haluskan wortel rebus dan tambahkan beberapa tetes lemon, satu sendok teh madu dan minyak zaitun. Oleskan secara merata keseluruh wajah dan leher lalu biarkan selama 20 menit dan bilas. Hasilnay kulit jadi lebih kencang dan bercahaya.

food.detik.com


0 komentar:

Copyright © 2013 Catatan Hidup Sehat.