Simpan Daging dengan Benar Agar Tak Tercemar Bakteri


Jakarta - Sudah mulai membeli daging sapi untuk sajian lebaran? Sebaiknya simpan daging sapi segar dengan benar agar kualitasnya tetap terjaga. Juga terhindar dari pencemaran bakteri. 


Seperti diungkap oleh situs betterhealth, penyimpanan makanan di tempat yang tak tepat akan mengakibatkan kebusukan dan pencemaran oleh makanan. Idealnya makanan disimpan dalam suhu di bawah suhu 5 derajat celcius atau di atas 60 derajat celcius untuk menghindari zona temperatur berbahaya.

Di luar zona suhu tersebut bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Karenanya sebaiknya jangan membekukan lagi daging atau makanan yang beku dan dilumerkan sebelumnya. Sebaiknya pisahkan tempat menaruh makanan yang mentah dan makanan yang masak. 

Berbagai studi menunjukkan bahwa dapur adalah bagian rumah yang paling banyak menghasilkan kuman. Kuman tersebut bisa 100.000 kali lipat banyaknya daripada di kamar mandi. Bakteri seperti E.coli, campylobacter, dan salmonella masuk ke dalam dapur lewat tangan kotor, makanan mentah, dan juga binatang peliharaan.

Daging mentah juga mengandung bakteri berbahaya yang akan menyebar cepat pada apapun yang bersentuhan. Seperti makanan, meja dapur, talenan, dan pisau. 'Banyak orang yang berpikir bahwa mereka harus mencuci daging mentah terlebih dahulu, tetapi sebenarnya itu tidak perlu,” tutur ahli kebersihan Adam Hardgrave. 

Setiap jenis kuman dan bakteri di dalam daging akan mati jika dimasak dengan benar. Jika daging mentah dicuci, justru akan menyebabkan dapur terciprat air yang mengandung kuman. Tentunya hal ini akan lebih membahayakan.

Lakukan hal khusus saat menyimpan daging mentah. Jauhkan dari makanan siap santap seperti roti, salad dan buah. Gunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging mentah dan makanan lain yang matang. 

Simpan daging dalam wadah bersih, bertutup rapat dan taruh di bagian paling bawah di kulkas agar agar tidak saling bersinggungan atau cairnanya menetesi makanan lain. Tuliskan tanggal penyimpanan saat disimpan dalam freezer agar mudah dicek saat akan dimasak.


http://food.detik.com/ramadan/read/2013/07/30/063801/2318254/297/simpan-daging-dengan-benar-agar-tak-tercemar-bakteri?d991101284

0 komentar:

Copyright © 2013 Catatan Hidup Sehat.